Home / Foto Komersial atau Iklan

Foto Komersial atau Iklan

Fotografi Iklan pada dasarnya adalah salah satu bentuk seni visual. Namun, perlu diketahui bahwa industri periklanan tumbuh pada akar konseptualisasi kreatif, dan promosi-pemasaran produk melalui gambar diam harus benar-benar mengesankan menarik pandangan bagi yang melihatnya langsung. Media Fotografi dapat ditemui pada berbagai platform seperti media cetak, media online dan media digital. Surat kabar atau majalah, bahkan internet, banyak ditemukan gambar-gambar produk yang dilakukan oleh fotografer untuk agen.

Dalam Fotografi komersial atau iklan bisa bersifat:

  1. Hard selling: menjual produk secara langsung
  2. Soft selling: menjual produk tetapi tidak dapat melihatnya secara langsung, biasanya yang dijual adalah sebuah pencitraan

Karakteristik foto iklan tersebut harus mempunyai daya tarik yang baik bagi iklan untuk mempengaruhi khalayak dengan kualitas tampilan yang dapat menggugah keinginan untuk merasakan, menikmati secara suguhan seperti yang ditampilkan secara realistik dalam iklan tersebut. Karena pada dasarnya bahasa visual fotografi adalah realistik sehingga memungkinkan dapat dimengerti oleh khalayak pada umumnya.

Kesempatan yang ditawarkan foto iklan tersebut merupakan cara pendekatan komunikasi visual untuk mendekatkan produk dengan keunggulan yang ada kepada khalayak agar lebih tertarik dan kemudian muncul keinginan untukmerasakannya atau memilikinya. Beberapa tema pendekatan yang sering disentuh oleh fotografi dalam iklan antara lain, daya tarik kelezatan makanan/minuman,seks, citra diri, gaya hidup dan modernitas.

Dalam pembuatan foto iklan, seorang fotografer biasanya mendapat sebuah arahan dari seorang pengarah kreatif (Creative Director) atau pengarah seni (Art Director) dan Stylist. Tapi bisa juga Fotografer sendiri itulah yang mempunyai ide dasar seperti halnya Art Director atau Creative Director yang paling mengetahuisampai sejauh manakah sebuah konsep itu dipahami agar meminimalisir sesuatu yang tidak diinginkan.

Fotografi Iklan pada prakteknya mempunyai beberapa jenis kegunaan:

  1. Editorial Fotografi adalah foto yang dibuat untuk mengilustrasikan suatu cerita atau ide dalam kontek sebuah penerbitan atau majalah.
  2. Coorporate Fotografi; biasanya foto yang dibuat digunakan sebagai alat publik relation dari korporasi-korporasi besar, biasanya berbentuk company profile.
  3. Stock Fotografi adalah membuat stok foto untuk dijual ke agency-agency stok foto
Scroll To Top